Monday, April 5, 2010

Bekerja keras menuju Tuhan


Wahai Manusia Sesungguhnya kamu telah bekerja keras menuju Tuhanmu, maka kamu akan menemuiNya. (QS 84 : 6).

Satu ayat yang tak sengaja kubaca pada saat tengah malam mengingatkanku akan jati diriku selama ini. Secara tak sadar ayat ini terus terngiang di pikiranku dan merefleksikan apa yang sebenarnya ingin kucapai dalam hidup ini.

Selama ini, konsep dan realitas kehidupan ternyata hanya didominasi oleh paradigma bagaimana bekerja keras untuk dunia agar mendapatkan dunia dengan segala kenikmatannya sebanyak-banyaknya. Makin bekerja keras untuk mendapatkannya, maka makin terasa panjang jalan yang harus ditempuh.

Ibadah yang sampai saat ini dilakukan, hanyalah serpihan-serpihan kecil yang kadarnya tidak berimbang dengan apa yang dilakukan untuk dunia ini. Kadang timbul tenggelam, tergantung dari situasi yang menyelimuti hati dan pikiran. Saat dunia terasa tidak berpihak kepadaku, maka aku membutuhkan agamaku, tetapi pada saat dunia berpihak kepadaku, maka seringkali kulupa menjaga ibadahku.

Itulah mengapa, mulai saat ini kuprogram ulang seluruh agenda harianku. Harus ada breakthrough, sehingga aku bisa berprestasi juga dalam ibadahku. Jalan yang terbaik menuju Tuhanku, yang harus kulalui lebih keras dariapa yang harus kujalani untuk duniaku.

4 comments:

Oblog-oblog said...

bukankah aktifitas keseharian kita juga ibadah ? saya punya pendapat di http://kelilingblog.blogspot.com/2009/11/bekerja-menurut-islam.html

Oblog-oblog said...

sekedar saran Kang...
permudahlah orang berkomentar, sebaiknya jangan dipatok hanya google account. Kalaupun akan dipilih salah satu, sebaiknya pilih nama dan URL, shg pengomentar bisa mengarahkan link ke blog yg diinginkannya.

Aas Maesyanurdin said...

makasih pa atas komentar dan masukannya. saya lagi bikin blog baru di blogdetik, tunggu tgl main utk publishnya.

Oblog-oblog said...

kalo bisa pake engine wordpress kang