Sunday, December 13, 2009

Seni dalam Mengundang (Bagian 2)

Berikut ini sedikit tips dalam mengundang :
1.Buat daftar nama yang akan diundang. Pastikan nama, gelar dan alamat tidak keliru.
2.Pilihlah media undangan yang tepat apakah melalui telepon, surat, email, sms atau bertemu langsung. Penggunaan jejaring sosial melalui internet seperti facebook sekarang ini banyak peminatnya dan lebih murah. Namun dengan media yang interaktif ini tentu saja mengandung bahaya apabila kita tidak membatasi diri untuk menjelaskan terlalu banyak dari materi yang akan disampaikan nanti.
3.Jangan bercerita banyak mengenai isi acara atau materi, cukup kata-kata kunci yang akan membuat penasaran yang diundang untuk datang. Misalkan kita mengundang dalam rangka presentasi bisnis baru yang menjanjikan, cukup lah dengan kalimat misalnya "Peluang Luar Biasa, hanya hari ini saja"
4.Pastikan komitmen yang akan diundang untuk datang ke acara. Tangkap sinyal keseriusan untuk datang melalui alasan atau respon yang diundang. Apabila terdapat alasan "akan cek jadwal dahulu" atau "kalau tdk ada kesibukan" atau " saya akan coba.." dapat diperkirakan tingkat kehadirannya maksimal 25%.
5.Berikan pujian yang tulus atas kebaikan atau keistimewaan yang diundang saat berinteraksi dengan mereka.

Memang banyak teori atau pengalaman cara mengundang yang efektif dari orang lain. Tetapi yang lebih baik adalah mencoba terus dengan keyakinan dan semangat pantang menyerah. Insya Allah, akhirnya akan berhasil juga.

No comments: