Sunday, December 6, 2009

Wisuda, ajang perusahaan berpromosi

Suatu saat, saya sama istri berkunjung ke Bandung dalam rangka menghadiri wisuda adik saya di salah satu perguruan tinggi di kota Kembang. Hal yang biasa terjadi dalam suatu wisuda adalah keramaian, kemacetan dan maraknya bisnis photo instan. Padahal kita tahu dalam era kamera digital sekarang ini, orang tidak perlu lagi repot untuk menyewa tukang photo secara khusus, cukup beli kamera digital yang relatif terjangkau, tinggal cari obyek, cari suasana yang nyaman atau cari latar belakang yang bagus, langsung jepret. Namun tukang photo pun tak kalah akal, dengan berbagai latar belakang “wall paper” yang cukup menarik, proses pencetakan yang cukup cepat dan harga yang cukup murah, transaksi photo ini tetap saja banyak menarik konsumen.

Tidak disitu saja, sekarang ini wisuda merupakan kesempatan perusahaan besar sekalipun untuk melakukan promosi ataupun penjualan. Dalam kesempatan ini, salah satu operator seluler yang baru muncul melakukan kegiatan pemasaran dengan cara membuka counter di area kampus. Tidak cukup satu tetapi beberapa counter, termasuk menyediakan panggung hiburan secara khusus yang dibranding produk. Yang paling menarik adalah bahwa setiap wisudawan/wati yang jumlahnya lebih dari 1000 orang ini mendapatkan handphone yang telah dibundling dengan kartu seluler dengan harga yang sangat murah yaitu cuma 100 rb rupiah. Terlepas dari biaya subsidi untuk handphone tersebut, saya kira kejelian Perusahaan seluler dalam menangkap moment Wisuda ini perlu diacungi jempol. Acara wisuda yang sering diplesetkan ”wis sudah” ternyata punya potensi lain yang luar biasa.

Acara wisuda yang terasa sangat panjang karena hanya diisi oleh berbagai sambutan dan seremonial sarjana, membuat badan terasa agak lelah. Apalagi diantara bejibun orang yang menghadiri acara tersebut, begitu banyak orang dengan berbagai latar belakang, usia dan ekonomi sehingga kampus yang megah tersebut terlihat sebagai pasar pagi dengan berbagai aromanya. Untungnya selepas dari kepenatan acara, saya bergegas menuju salah satu hypermart terdekat yang cukup nyaman dan saya bisa relaksasi untuk menyegarkan lagi badan dan pikiran.

No comments: